Hilangnya Pesona Marcelo di Real Madrid

Marcelo Real Madrid

Bertahan lebih dari satu dekade bersama klub raksasa asal Spanyol, Real Madrid bukanlah hal yang mudah. Salah satu pemain yang telah memperkuat Los Blancos lebih dari 10 tahun ialah, Marcelo Viera da Silva Junior alias Marcelo. Pemain berposisi bek kiri tersebut telah menjadi bagian dari Real Madrid selama 14 tahun lamanya.

Didatangkan dari Fluminense pada Januari 2007 saat Marcelo masih berumur 19 tahun. Kala itu ia digadang-gadang menjadi bek kiri yang dapat diandalkan oleh Real Madrid. Marcelo muda didapuk sebagai suksesor Roberto Carlos karena dirinya sama-sama berasal dari Brasil. Bisa dibilang keduanya memiliki skill bermain sepak bola yang sama.

Marcelo Real Madrid
Source: Diario AS

Berkat latihan serta kerja keras, Marcelo pun berhasil menjadi pilihan utama pelatih Real Madrid untuk mengisi posisi bek kiri. Padahal kala itu, Los Merengues memiliki opsi bek kiri yang banyak. Nama-nama seperti Fabio Coentrao, Royston Drenthe, Theo Hernandez, hingga Sergio Reguilon gagal bersaing dengan Marcelo untuk menjadi squad utama. Pada akhirnya mereka pun memilih untuk hengkang.

Bersama Sergio Ramos cs Marcelo berhasil menjadi salah satu bek kiri terbaik di masanya. Kelincahan, kecepatan, serta akurasi tendangan membuat pemain asal Brasil ini menjadi pemain lengkap sebagai fullback kiri. Namanya diagungkan banyak orang terlebih Madridista menganggap bahwa Marcelo merupakan bek kiri terbaik sepanjang masa.

Marcelo Real Madrid
SEVILLA, SPAIN – MARCH 8: Marcelo of Real Madrid during the La Liga Santander match between Real Betis Sevilla v Real Madrid at the Estadio Benito Villamarin on March 8, 2020 in Sevilla Spain (Photo by David S. Bustamante/Soccrates/Getty Images)

Selayaknya pemain sepak bola asal Brasil lainnya, Marcelo seringkali menunjukkan kepiawaiannya di lapangan. Sungguh menyenangkan melihat pemain bernomor punggung 12 ini ketika merebut atau membawa bola. Sifatnya baik di dalam maupun di luar lapangan menjadikan Marcelo didapuk sebagai wakil kapten Real Madrid.

Seiring berjalannya waktu dan bertambah usianya Marcelo tidak bisa kita pungkiri jika perfomanya kian menurun. Di usianya yang kini beranjak 32 tahun membuat kondisi fisik Marcelo tak seperti dahulu lagi. Kondisi fisik, stamina, dan kecepatan dari laki-laki berambur keriting ini berbeda jauh dengan tiga atau empat tahun silam.

Baca Juga  Messi Antarkan Argentina Menang Tipis Lawan Uruguay

Alhasil kini Marcelo jarang bermain selama 90 menit penuh bersama Real Madrid. Bahkan dirinya juga sering menghangatkan bangku cadangan setelah kedatangan, Ferland Mendy dari Olympique Lyons. Penurunan performa Marcelo memang terlihat sering kali dirinya terlambat untuk turun setelah melakukan overlap. Alhasil, kesempatan tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh lawan Real Madrid.

Flerant Mendy Real Madrid
MADRID, SPAIN – FEBRUARY 01: (BILD ZEITUNG OUT) Ferland Mendy of Real Madrid controls the ball during the Liga match between Real Madrid CF and Club Atletico de Madrid at Estadio Santiago Bernabeu on February 01, 2020 in Madrid, Spain. (Photo by TF-Images/Getty Images)

Dilansir dari Marca, statistic musim 2019/2020 lalu untuk pertama kalinya Marcelo tak merumput lebih dari 25 pertandingan bersama Real Madrid. Mungkin saja cedera parah menjadi asalan mengapa Marcelo tidak bisa bermain di sisi lain Mendy pun juga menunjukkan performa yang baik di atas lapangan.

Saat ini Marcelo masih menyisakan kontrak selama dua tahun hingga 2022 bersama Real Madrid. Namun, Mendy yang kini mendapat kepercayaan dari Zidane, tentu pihak klub dan Marcelo harus memikirkan yang terbaik untuk kedua belah pihak. Tentu banyak harapan dari Madridista untuk Marcelo bertahan di klub dan bermain kembali.

Marcelo Real Madrid
Source: Diario AS

Namun, dunia sepak bola adalah permainan yang menyenangkan dan memetik kemenangan. Terlebih Real Madrid sebagai salah satu klub raksasa Spanyol dan Eropa tidak bisa menjadikan kekalahan sebagai hal yang biasa. Marcelo yang telah memperkuat selama 14 tahun dan semakinnya bertambah usia, Madridista tentu tak bisa berharap banyak kepada dirinya.

Andai nanti datang momen perpisahan Marcelo bersama Real Madrid ada baiknya bagi pihak klub untuk menghormati jasa sang pemain. Sudah sepantasnya bagi Los Blancos menciptakan memen perpisahan yang baik bagi Marcelo yang sudah menghadirkan banyak tropi untuk klub. Begitu juga dengan Mendy yang harus berguru bersama Marcelo selagi dirinya masih di Real Madrid.

Related Posts

Baca Juga  Akhir Musim, Sergio Ramos Tinggalkan Real Madrid?
Inggil
Just story teller lovely coffewriter. Find me on socmed @inggilyus

Leave a Reply