Kunci Sukses Borneo FC saat Lawan Persiba

Kunci Sukses Borneo FC saat Lawan Persiba – Pusamania Borneo FC berhasil meraih kemenangan 1-0 atas Persiba Balikpapan dalam laga kandang terusir di Stadion Mulawarman, Bontang, Senin (25/9/2017).

Pelatih Borneo FC, Iwan Setiawan, menyebut kemenangan tim asuhannya tak lepas dari perubahan formasi sebagai strategi yang diterapkan di tengah pertandingan.

Borneo FC meraih kemenangan 1-0 berkat gol tunggal sang marquee player, Shane Smeltz, pada menit ke-78. Satu hal yang menarik dari pertandingan tersebut adalah pergantian pemain yang begitu cepat. Abdul Aziz ditarik keluar pada menit ke-26 dan digantikan Sultan Samma.

Iwan Setiawan awalnya menggunakan formasi 4-3-1-2 dengan memainkan Patrich Wanggai di belakang duet Lerby Eliandry dan Shane Smeltz. Sementara di lini tengah Asri Akbar, Flavio Beck Junior, dan Abdul Aziz menjadi pilihan.

Namun, perubahan dilakukan Iwan Setiawan di babak kedua. Perubahan formasi yang dilakukan sang pelatih berbuah manis dengan kemenangan yang diraih Borneo FC. Iwan Setiawan menyebut perubahan tersebut sebagai salah satu kunci keberhasilan timnya.

“Jujur saya harus kembali ke formasi awal, yaitu 4-2-3-1. Kuncinya memainkan pemain yang tidak bermain di posisi seperti biasanya. Untungnya para pemain ikhlas menerima keputusan itu secara profesional. Saya katakan kepada mereka bahwa mereka harus bermain seperti itu,” ujar Iwan.

Soal pergantian cepat Abdul Aziz dan memasukkan Sultan Samma, Iwan Setiawan menilai Abdul Aziz tampil kurang maksimal.

“Namun, Aziz bagus karena tak pernah kehilangan bola, tapi memang tidak maksimal saat melakukan penetrasi dan ada ruang kosong,” jawabnya.

Kemenangan atas Persiba Balikpapan membawa Borneo FC berada di posisi kesembilan dalam klasemen sementara Liga 1 dengan 36 poin. Borneo FC terpaut dua poin dari Barito Putera yang tepat berada di atasnya dan unggul satu poin dari Persib Bandung.

Related Posts

Baca Juga  Ini 3 Rekam Jejak Buruknya Kinerja Shaun Evans

Leave a Reply