Inilah Pembelian terburuk yang pernah didatangkan Mourinho

Inilah Pembelian terburuk yang pernah didatangkan Mourinho – Jose Mourinho dikenal sebagai pelatih yang jeli dalam menemukan talenta seorang pesepakbola. Salah satunya ketika Mourinho mendatangkan Petr Cech dari Stade Rennes dan Didier Drogba (Marseille) ke Chelsea pada musim panas 2004.

Jika ditanya siapa pembelian terburuk Mourinho selama bertugas sebagai pelatih, jawabannya adalah Andriy Shevchenko. Shevchenko memiliki catatan mentereng ketika membela Milan dalam kurun 1999-2006. Dalam periode itu, Sheva mencetak 175 gol dari 322 penampilan.

Catatan itu membuat Roman Abramovic selaku pemilik Chelsea kepincut kepada Sheva. Sebenarnya Mou tidak terlalu membutuhkan penyerang berpaspor Ukraina itu, mengingat telah memiliki Drogba.

Namun setelah melalui proses panjang, Sheva diboyong Chelsea pada bursa transfer musim panas 2006 dengan mahar 30 juta pounds atau saat ini sekira Rp497 miliar.

Ironisnya, Sheva gagal berkembang bersama Chelsea. Selama dua musim awal membela Chelsea, Sheva hanya mampu mengemas 22 gol dari 77 penampilan.

Akibatnya di musim 2008-2009, Chelsea meminjamkan Sheva ke Milan. Pada akhirnya di musim panas 2009, Chelsea memutuskan menjual Sheva ke Dynamo Kyiv dengan status permanen, hingga akhirnya memutuskan pensiun pada 2012.

Leave a Reply