Dengan 400 Laga Bersama Barca, Messi Samai Prestasi Gerd Muller

Prestasi-Messi

Lionel Messi kembali mencatatkan namanya dalam sejarah sepak bola dunia. Pemain asal Argentina berusia 30 tahun itu menorehkan catatan prestasi menyamai Gerd Muller dalam laga ke-400 dirinya bersama Barcelona.

Pada pertandingan menjamu Levante, Minggu (7/1) malam di Camp Nou, ia menyumbangkan satu gol yang juga merupakan gol ke-365 di ajang La Liga. Messi mencetak gol pertama untuk Barca pada menit ke-12, diikuti Suarez (38’) dan Paulinho (93’).

Torehan 365 gol tersebut sekaligus menyamai pencapaian Gerd Muller, pemain Bayer Munich asal Jerman, sebagai pemain yang mencetak gol terbanyak untuk sebuah klub dalam sejarah La Liga. Istimewanya, jika Muller baru bisa mencetak rekor tersebut dalam 427 penampilan, maka Messi hanya butuh 400 pertandingan untuk menyamai rekor yang telah bertahan selama 39 tahun itu.

Untuk ukuran sebuah klub Barcelona, rekor Muller lainnya telah disamai oleh Messi minggu lalu. Muller mencetak 526 gol untuk Bayern Munich, dan prestasi itu telah disamai Messi.

Tak hanya soal gol, namun Messi juga memiliki catatan prestasi lainnya yang mengagumkan. Dari 400 laga yang dijalani dalam La Liga tercatat Messi menorehkan berbagai prestasi mengagumkan. Berikut catatannya.

  • Dari 365 gol yang dicatatnya dalam La Liga, 48 gol di antaranya lahir lewat eksekusi penalti. Namun Messi juga mencatatkan 11 kali gagal melakukan eksekusi penalti.
  • Sepanjang 400 laga di La Liga, Messi hanya kalah jumlah gol dari Andres Iniesta (427 gol) dan Xavi (505 gol).
  • Josep Guardiolla (2008-2012) menjadi pelatih yang terbanyak mengasuh Messi, yaitu dalam 136 laga.
  • Selama bersama Barca, Messi telah melakukan 144 kali assist, 302 kali menang, 60 kali imbang dan 37 kali kekalahan.
  • Dari 365 kali laga, Messi 38 kali mendapat kartu kuning dan belum pernah terkena kartu merah.
Baca Juga  Zidane Jadi Pelatih Terbaik Dunia Kalahkan Conte dan Allegri

Rekor Messi lainnya nampak akan segera menyusul mengingat pemain asal Argentina itu masih berumur 30 tahun dan belum ada tanda-tanda performanya akan menurun.

Bung Nasru
Pengasuh di <a href="https://www.kontenmu.web.id/" rel="dofollow">Kontenmu</a>

Leave a Reply