Akibat Intervensi Pemerintah, Timnas Spanyol Terancam Diskualifikasi Final Piala Dunia 2018

Timnas-Spanyol-Terancam-Diskualifikasi

Laju Timnas Spanyol ke putaran Piala Dunia 2018 nampaknya akan menemui kendala. Hal itu menyusul dugaan intervensi pemerintah Spanyol terhadap pemilihan presiden Federasi Sepak bola Spanyol (RFEF).

Dilaporkan oleh El Pais, FIFA telah berencana mengirimkan surat peringatan kepada RFEF tentang terlibatnya Dewan Olahrga Spanyol (CSD) terkait dugaan permintaan pemilu ulang pada RFEF.

Posisi presiden RFEF saat ini dipercayakan kepada Juan Luis Larrea yang menggantikan Angel Maria Villar. Presiden lama tersebut harus mundur karena tindak pidana korupsi. Posisi Larrea dikabarkan akan digusur oleh kandidat pilihan CSD.

Akibat tindakan tersebut, jika terbukti, Spanyol jelas melanggar Perarturan FIFA pasal 13 tentang larangan keterlibatan pihak mana pun terhadap urusan dalam federasi sepak bola suatu negara, termasuk pihak pemerintah setempat.

Akibatnya, RFEF sangat berpotensi untuk mendapat sanksi dari FIFA dan tentunya berakibat buruk pada laju timnas Spanyol. Otomatis partisipasi Spanyol di World Cup 2018 di Rusia nanti akan terhenti akibat ulah pemerintahnya.

Padahal Spanyol telah 10 kali berturut-turut lolos ke semifinal Piala Dunia, dan tahun depan adalah yang ke-11. Jika sanksi benar diterapkan, maka catatan prestasi tersebut akan ternoda. Berdasarkan hasil undian piala Dunia, timnas Spanyol akan berada di Grup B bersama Portugal, Maroko, dan Iran.

Related Posts

Baca Juga  Tim Brasil Akan Bermain Ala Guardiola Pada Piala Dunia 2018
Bung Nasru
Pengasuh di <a href="https://www.kontenmu.web.id/" rel="dofollow">Kontenmu</a>

Leave a Reply