Philippe Coutinho: Seberapa Besar Kerugian Playmaker Brasil bagi Liverpool?

Transfer yang diharapkan fans Liverpool tidak akan pernah terjadi akhirnya disepakati.

Philippe Coutinho diatur untuk menjadi pemain Barcelona di salah satu transaksi termahal yang pernah ada.

Tapi seberapa besar Liverpool akan merindukannya, dan di mana mereka perlu menginvestasikan biaya £ 142 juta?

Dengan bantuan mantan bek Reds Mark Lawrenson dan penulis sepak bola utama Phil McNulty, BBC Sport mencoba menjawab pertanyaan ini dan lebih banyak lagi, sementara penulis sepak bola Spanyol Andy West menganggap tepat di mana Coutinho akan masuk dalam skuad Barcelona saat ini.

Tidak ada keraguan bahwa Coutinho telah menjadi pemain besar bagi Liverpool sejak tiba di Januari 2013.

Dia telah mencetak 54 gol dalam lebih dari 200 penampilan, memukul angka ganda dalam setiap tiga musim terakhir.

Pemain Brazil itu adalah pencetak gol terbanyak bersama klub di Liga Premier musim lalu dengan 13 gol dan berada pada jalur yang cukup untuk mengungguli total dalam kampanye saat ini, meninggalkan Anfield dengan tujuh gol.

Tapi apa yang akan dilewatkan Liverpool lebih dari golnya adalah kemampuannya menciptakan peluang bagi rekan satu timnya dan membuat orang di sekitarnya lebih baik.

Dalam hal gol, tidak ada pemain yang mencetak gol lebih dari Roberto Firmino sejak bergabung dengan klub pada musim panas 2015 (30 gol) namun tanpa Coutinho di sampingnya, pemain depan asal Brasil ini tidak efektif.

Firmino telah mencetak enam gol dalam 11 pertandingan yang telah mereka mulai bersama musim ini, namun dalam tujuh pertandingan ia telah memulai tanpa rekan senegaranya, petenis berusia 26 tahun itu hanya berhasil tiga kali. Itu adalah gol per game rasio 0,54 ketika mereka berdua mulai dibandingkan dengan 0,42 ketika hanya Firmino dimulai.

Bahkan, bahkan mantan bek Liverpool Jamie Carragher, yang bermain di samping Coutinho di awal karir Brasil di Anfield, bisa membayangkan kenaikan seperti itu.

Leave a Reply