Islandia, Dari Lumbung Gol Hingga Sukses Tembus Piala Dunia

Islandia-Dari-Lumbung-Gol-Hingga-Tembus-Piala-Dunia

Lolosnya Islandia adalah sejarah baru bagi Piala Dunia dan negara kecil tersebut. Dengan luas wilayah 102.775 km2 dan penduduk 329.100 (2015) Islandia membuktikan bahwa jumlah penduduk dan luas wilayah bukan penentu mutlak kualitas sepak bola suatu negara.

Islandia dipastikan lolos setelah sukses membungkam tim tamu, Kosovo, 2-0 di kandang sendiri. Gol kemenangan mereka dipersembahkan oleh Gylfi Sigurdsson dan Johann Berg Gudmundson.

Kesuksesan menembus event bergengsi Piala Dunia 2018 bukanlah perjalanan singkat bagi negara kecil di Skandinavia itu. Mereka bahkan berada di peringkat 131 FIFA pada Juni 2012, dan merupakan peringkat terburuk sepanjang sejarah negara mereka.

Sistem pengelolaan yang tepat untuk sepak bola terus ditingkatkan, dan akhirnya Islandia mulai diperhitungkan di kawasan Eropa.

Kebangkitan Timnas Islandia terlihat sejak mengikuti kualifikasi Piala Dunia 2014. Saat itu mereka masih harus tertahan dan gagal ke ke ajang final karena harus tunduk 0-2 pada Kroasia dalam laga play off.

Gagal lolos Piala Dunia, Isalndia terus berbenah, akhirnya Islandia lolos ke Piala Eropa 2016. Meskipun akhirnya harus tunduk 2-5 pada Perancis, Islandia menunjukkan perjuangan gigih hingga menit terakhir.

Akhirnya, tahun ini negara yang terkenal dengan atraksi tepuk tangan ‘Viking Clap’ suporter tersebut mencatatkan sejarah baru dengan lolos ke Piala Dunia. Hebatnya lagi mereka memimpin perolehan di Grup I dan selalu menang dalam laga kandang.

Akankah Islandia punya kejutan lainnya di Piala Dunia 2018 di Rusia nanti? Kita nikmati saja perkembangan sepak bola dunia selanjutnya.

Bung Nasru
Pengasuh di <a href="https://www.kontenmu.web.id/" rel="dofollow">Kontenmu</a>

Leave a Reply